rss

Rabu, 26 Desember 2012

Komet-I, Mobil Bertenaga Surya Bikinan Mahasiswa Jember

Metrotvnews.com, Jember: Sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur, meluncurkan mobil berbahan bakar tenaga matahari, baru-baru ini.

Mobil itu diberi nama Komet-I dan mengaplikasikan desain mobil ruang angkasa. Mobil berkonsep Go Green tersebut punya spesifikasi panjang dua meter, lebar setengah meter, dan tinggi 70 sentimeter. 

Ditunjang motor listrik sebesar 250 Watt, mobil dapat melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam dan bertahan selama dua hingga tiga jam dalam kondisi jalan yang stabil. Hebatnya, sebagian besar komponen mobil itu berasal dari barang bekas dan bahan daur ulang. 

Sasis atau rangka mobil diambil dari sisa potongan besi, dasar body menggunakan triplek bekas bangunan, dan roda diambil dari sepeda yang rusak. Mobil tersebut diciptakan 39 mahasiswa Politeknik Negeri Jember dengan biaya tak lebih dari Rp10 juta. 

Proses pembuatan mobil memakan waktu tiga bulan. Komet-I punya keuntungan jika diparkirkan di tempat yang terpapar sinar matahari. Sebab, mampu menyerap serta menyimpan tenaga yang didistribusikan ke dalam accu.

 

Rencananya, program pembuatan mobil tenaga surya ini dikembangkan dalam proyek mobil Komet-II. Komet-II akan didesain lebih futuristik dengan ruang dalam yang lebih lapang layaknya mobil pada umumnya.(TII) 

(Sumber)
Bagikan

0 comments:


Posting Komentar

SAHABAT@1NDOTECH

1NDOTECH BLOG LIST

alexa