rss

Rabu, 04 Juli 2012

Mahasiswa Unesa Ciptakan Penyaring Air dari Cangkang Kerang

Margaret Puspitarini 

JAKARTA - Bekeinginan mengubah mindset bangsa Indonesia dari konsumtif menjadi produktif menjadi landasan Yulianto Laksmono Putra menciptakan inovasi. Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini membuat “Steril Purifire Water Alat Pengolah Air dengan Media Cangkang Kerang.” Pembuatan alat tersebut bermula dari penelitian dari Yulianto di Desa Padimunegoro, Sukodono, Sidoarjo. Di desa tersebut dia yang menemukan pertama kandungan besi (Fe) dan mangan (Mg) yang melimpah pada air. 
Selain itu, mahasiswa jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) itu juga melihat adanya limbah cangkang kulit kerang yang dibiarkan begitu saja. 

Maka, Yulianto pun tergerak untuk mengatasi dua permasalahan tersebut dalam satu solusi. Dia pun memutuskan membuat alat penyaring air dengan menggunakan media cangkang kerang. Produksi alat ini dimulai dengan pembuatan tepung CaCO3 yang terbuat dari cangkang kerang yang akan berfungsi sebagai penyaring. "Cangkang kerang berfungsi untuk mengurangi kadar besi, mangan, serta logam lainnya yang terlarut di dalam air karena mengandung kalsium karbonat (CaCO3) dengan kadar yang tinggi," ujar Yulianto, seperti dilansir dari laman Unesa, Rabu (27/6/2012).

  

Karya Yulianto tersebut berhasil lolos program Recognition and Mentoring Program yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) menyingkirkan peserta lainnya. Kegiatan awal dari RPM adalah pre-mentoring dari IPB. Salah satu penguji penelitian Yulianto asal IPB, yakni M Faiz Syaib menyebut, alat ini sudah sesuai rencana awal untuk mengurangi kadar besi yang berlebih pada kandungan air yang bebahaya untuk tubuh. "Alat ini berguna untuk mengubah mindset bangsa indonesia yang pada umumnya komnsumtif menjadi produktif," tutur Faiz.(mrg)(rhs)

(Sumber)
Bagikan

0 comments:


Posting Komentar

SAHABAT@1NDOTECH

1NDOTECH BLOG LIST

alexa